Rabu, 14 Desember 2011

[Koran-Digital] PETINGGI SETOR KE DEMOKRAT RP 25,6 M




Setoran keempat petinggi itu mencapai dua pertiga total sumbangan ke partai. Aliran ke Partai Dokumen Nazaruddin mengungkap jumlah sumbangan beberapa petinggi Demokrat untuk partai dalam Laporan Keuangan Partai Demokrat periode 1 Juni 2010 ­ 15 Mei 2011. Ada yang lebih besar dari total iuran anggota dan sumbangan pemerintah.

Sejumlah petinggi Partai Demokrat terungkap menyetor duit ke partai dalam jumlah besar. Dalam dokumen Laporan Keuangan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat periode 1 Juni 2010-15 Mei 2011 yang dimiliki Tempo, tertulis bahwa selama periode itu jumlah sumbangan mencapai total Rp 35,8 miliar.

Peneken laporan itu, M. Nazaruddin, menyatakan uang tersebut hasil saweran. “Itu dari teman-teman Fraksi Demokrat,“ kata tersangka kasus suap Wisma Atlet itu kemarin.

Tercatat, Nazaruddin menyetor Rp 13,9 miliar, Mirwan Amir Rp 9,2 miliar, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas Rp 2,2 miliar, dan Anas Urbaningrum Rp 300 juta, sehingga total jumlah sumbangan keempat petinggi itu mencapai Rp 25,6 miliar atau dua pertiga dari jumlah sumbangan yang dikumpulkan partai selama periode itu. Mirwan, Ibas, dan Anas tak bisa dimintai konfirmasi.

Nazar--kala itu Bendahara Umum Partai Demokrat--menunjukkan laporan tersebut untuk Anas, ketua umum partai. Dokumen ini dikeluarkan pada 18 Mei, saat Nazar mulai dikait-kaitkan dengan skandal Wisma Atlet, dan kurang dari sepekan sebelum ia kabur ke luar negeri.

Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi UGM, Hifdzil Alim, mengatakan sumbangan itu bisa diselidiki.“Harus ditelusuri terlebih dulu sumber dananya. Jika terbukti berasal dari uang negara, KPK bisa menyelidiki. Namun, jika sumber dana bukan dari keuangan negara, kepolisian yang harus menyelidiki,“ ujarnya tadi malam. PRIHANDOKO | IRA GUSLINA | SUNUDYANTORO | SUKMA

http://epaper.korantempo.com/PUBLICATIONS/KT/KT/2011/12/15/ArticleHtmls/PETINGGI-SETOR-KE-DEMOKRAT-RP-256-M-15122011001005.shtml?Mode=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar